CPSC Merilis Label Baru Yang Harus Dipasang Pada Furniture Penyimpan Pakaian BatuLandak.id

CPSC pada awal Maret 2023 telah merilis label peringatan baru yang diwajibkan berdasarkan Standar keselamatan baru untuk unit furniture penyimpanan pakaian (Clothing Storage Units/CSU), yang mulai berlaku 25 Mei 2023.

Semua kabinet yang memenuhi definisi fungsional sebagai unit penyimpanan pakaian di bawah aturan baru tersebut dan diproduksi mulai tanggal 25 Mei 2023 atau setelahnya harus memiliki label peringatan tip-over baru serta hangtag yang menampilkan “rating kestabilan” kabinet yang diperoleh dari hasil pengujian kinerja sesuai aturan yang baru diberlakukan.

Label peringatan tersebut berisi pictogram tiga kotak dan teks yang telah ditentukan. Isi teks bervariasi, berdasarkan apakah unit dirancang untuk meletakkan TV atau dengan sistem laci yang dilengkapi dengan pengunci.

Pictogram berisi tiga gambar, yang masing-masing harus berukuran minimal 25 x 25 mm (1 x 1 inci) dan dicetak berwarna. Tanda “X” pada kotak pertama harus berwarna merah, dan tanda centang pada kotak ketiga harus berwarna hijau. Gambar pada kotak ketiga dapat dimodifikasi untuk menampilkan perangkat anti-tip tertentu yang dilampirkan dengan unit penyimpanan pakaian.


Pictogram dari CPSC

Gambar keempat yang berupa kata “TV” di dalam lingkaran merah dengan garis merah ditengahnya harus ditempel pada unit yang tidak dirancang untuk meletakkan TV. Gambar tambahan ini, yang juga harus berukuran minimal 1 x 1 inci, berukuran sama dengan label peringatan yang disyaratkan oleh standar sukarela ASTM International F2057 sejak 2019.

Label peringatan ini harus ditempel di papan samping laci bagian dalam “laci paling atas”, menurut aturan CPSC. Untuk unit yang hanya memiliki pintu, label peringatan harus berada di papan samping bagian dalam atau papan belakang kabinet di belakang pintu. Pabrikan dan pemasok harus berkonsultasi dengan otoritas untuk instruksi penempatan yang lebih rinci.

Unit yang tercakup dalam ruang lingkup aturan baru dan dengan tanggal pembuatan 25 Mei atau setelahnya juga harus membawa hangtag yang sama. Hangtag dua sisi ini harus berukuran minimal 130 x 180 mm (5 x 7 inci), dan bagian depan harus memiliki latar belakang warna kuning.


Contoh bagian depan hangtag/CPSC

Hangtag harus “terlihat jelas oleh orang yang berdiri di depan unit” di toko retail. Jika jatuh atau rusak, peritel harus segera menggantinya dengan yang baru. Hangtag itu harus mudah terlihat di produk dan “kemasan langsung dari produk”. Furniture siap rakit harus mencantumkan label ini pada “kotak kemasan utama untuk konsumen”.

Produsen dan importir yang memiliki “sales interface” di situs web mereka (semacam website toko online) harus menampilkan rating stabilitas untuk setiap unit produk yang ditawarkan untuk dijual di situs web. Angka rating harus dibuat sama besar dengan huruf yang dipakai untuk menuliskan harga produk. Selain itu, seluruh gambar atau foto hangtag untuk setiap unit harus dipasang di situs dan dapat dilihat oleh konsumen melalui “satu tindakan pengguna”, misalnya dengan satu klik mouse atau mouse roll-over.

Satu label terakhir diperlukan pada semua produk yang tercakup dalam aturan baru CPSC, adalah label identifikasi dengan lebar minimal 50 x 25 mm (2 x 1 inci). Label tersebut harus berisi: Nama dan alamat (kota, negara bagian dan kode pos) produsen, distributor atau pengecer; nomor model; serta bulan dan tahun pembuatan.

Selain itu juga dituliskan pernyataan: “Complies with U.S. CPSC Safety Standard for Clothing Storage Units.” Label ini harus terlihat di bagian belakang unit saat unit sudah dirakit sepenuhnya. Itu tidak mengandung grafik atau gambar apa pun.

News source: AHFA, CPSC


Tinggalkan komentar