Hak dan Kewajiban Follow (Blog) BatuLandak.id

Seperti yang telah diketahui khalayak umum bahwa setiap atau semua blog pasti telah diberikan fasilitas “Follow” oleh pihak Google. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit mengenai hal tersebut dengan judul “Hak dan Kewajiban Follow (Blog)” sesuai dengan pemahaman dan pandangan saya pribadi .

Mohon maaf sebelumnya apabila ada pihak tertentu yang menganggap bahwa pendapat saya ini Salah
dan tidak senang dengan apa yang saya bahas pada kesempatan ini.

Itulah yang akan saya bahas, 

Karena nampaknya sudah banyak orang yang menyalahgunakan fasilitas “Follow”  yang disediakan oleh pihak Google ini, jadi saya sedikit sebal juga.hehe

Screen Shoot Blog Followers

Sebenarnya tidak hanya Blog saja yang memiliki fasilitas “Follow” ini, melainkan berbagai situs sosial media lain juga banyak yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti : twitter, facebook, dan lain lain. Akan tetapi saya hanya akan membahas di lingkup dunia Blogging dalam tulisan ini.

Coba mari perhatikan gambar disamping (saya sediakan screenshoot followers blog).

Sudah jelas sekali bukan bahwa dalam gambar tersebut terdapat beberapa kalimat, antara lain “Join This Site (with Google Friend Connet)” . 

Sudahkah mengerti dengan maksudnya?

Maksudnya adalah bergabung untuk terhubung sebagai teman melalui Google. Dalam konteks ini berarti untuk bergabung dominan menggunakan akun yang asalnya dari Google seperti akun googleplus dan lain lain, namun ternyata tak hanya itu saja, bergabungnya juga dapat menggunakan akun Twitter, Netlog, Blogger, dan lain lain.

Masalahnya adalah Berteman belum tentu berarti Nge-Fans dalam dunia blogging, benar kan?

Jika benar, ya inilah yang ingin saya bahas pada kesempatan ini..

Dengan demikian juga berarti maksudnya “Join This Site” adalah untuk Saling mengetahui kabar maupun postingan postingan terbaru teman-teman kita dalam list follow tersebut.

Jadi hendaknya ketika kita mem-Follow blog teman sesama blogger kita menyadari bahwa kita mem-Follow bukan hanya untuk Tukar Follow yang hanya bertujuan untuk menambah jumlah Follower kita saja.

Jika ada sesuatu yang kita lakukan maka kita memiliki Hak dan Kewajiban di dalamnya. Sama halnya dengan aktivitas Follow tersebut. Kita mendapat Hak ketika mem-Follow teman kita dan kita pun juga Mempunyai Kewajiban ketika mem-Follow teman kita. Seharusnya pemikiran seperti ini sudah tertanam ya, namun ternyata masih ada saja yang tidak menyadarinya (hanya mencari Fans semata).  

Apakah Hak yang kita dapatkan ketika kita mem-Follow teman sesama blogger?

Kita berhak untuk di follow kembali oleh mereka tentunya, dan dengan di follow kembali berarti teman kita juga akan mengetahui berita-berita terbaru dari blog kita, dengan demikian kegiatan blogging akan terus berjalan dan semakin erat pula jalinan silaturahmi antar sesama blogger.

Namun jangan hanya meminta Hak saja, kan hak selalu diimbangi dengan kewajiban ya. Jadi dengan kita mendapatkan Hak kita jangan sampai kita lupa akan kewajiban kita setelah mem-Follow blog teman sesama blogger. Dimana setelah kita mem-Follow teman kita berarti kita akan mengetahui berita-berita terbaru yang mereka buat dalam blognya, yah sebagai blogger yang baik harusnya sadar apa kewajibannya, paling tidak kita juga memberi support pada mereka dengan membaca dan memberi komentar baik itu berbentuk kritik maupun saran untuk blog mereka, ataupun hanya sekedar menanggapi apa yang sedang mereka ulas diartikel mereka, dan blogger yang baik serta bijaksana pasti tidak akan berlaku Ngawur dengan memberi Komentar tanpa membaca tulisannya terlebih dahulu.
 

Jadi intinya fasilitas Follow pada Blog ini tidak hanya untuk mencari Pengikut ,melainkan untuk saling mendukung blog teman-teman sesama blogger kita.

Ingatlah bahwa ketika kita mendapatkan Hak kita, berarti kita juga mempunyai Kewajiban yang harus kita jalankan.

Mungkin pandangan dan pemikiran seperti ini tidak berlaku untuk Blog Profesional yang memang tidak bertujuan untuk mencari teman dalam dunia blogging. Karena memang tujuan mereka hanya menjual dan membeli, dan pastinya mereka tidak akan memasang Fasilitas Follow di Blog mereka (karena berita-berita terbaru dari blog kan munculnya di dashboard seseorang yang memiliki Blog, jika tidak mempunyai blog mungkin tidak akan tahu juga).

Apa gunanya mempunyai banyak follower di Blog apabila itu hanya Follower Mati alias hanya menambah daftar nama dan akun saja tanpa ada aktivitas yang berarti, kan sama saja bohong toh untuk seorang Blogger karena tidak akan memberi pengaruh apapun untuk kita kecuali statement “WAW, Followernya banyak yah” , dan kalimat itu sepertinya tidak ada artinya karena tidak membawa pengaruh baik untuk blog kita jika kenyataannya blog kita tidak pernah berinteraksi dengan blog teman kita.

Sekian…

 Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun kalimat-kalimat yang tidak berkenan…

Attention!!!

Silahkan mengutip dengan menyertakan Link berikut ini. Mari belajar menghargai hasil karya orang lain ^_^.. Terima kasih atas perhatian dan kejujuran Anda…   

Tinggalkan komentar