PENGERTIAN DAN ASAL MUASAL KATA TASHAWWUF BatuLandak.id

 Visiuniversal—Bila kita mengkaji asal kata sufi, baik  melalui buku-buku atau kitab yang ditulis para ulama, baik yang mulai pada masa lampau hingga saat sekarang ini belum pernah ada kesepakatan dari para ulama atau ahli tentang masalah ini. Para ahli tashawwuf sendiri masih berbeda pendapat mengenai asal mula kata sufi itu. Ada yang mengatakan, bahwa lafadh shufi berasal dari kata Shafw, artinya bersih atau shafa, artinya jernih. Ada pula pendapat bahwa kata tashawwuf itu berasal dari kata SHuffah, yaitu nama suatu kamar disamping masjid Rasulullah SAW kota SAW di kota Madinah.

Ada sebagian ahli tashawwuf yang berpendapat bahwa sufi berasal dari kata tashawwafa-yatashawwafu-tasawwufan, yaitu fi’il madli dari tsulatsi mazid ruba’i yang mendapat tambahan ta’ pada permulaanya dan tasydid pada ‘ain fi’ilnya, sedangkan tsulatsi mujarad tashawwafa adalah shaafa yang  artinya banyak bulu. Menurut ilmu sharaf bila ada wazan tafa’ala ala maka mengandung arti shairurah artinya menjadi, seperti lafadh :

Artinya: “Telah menjadi janda seorang wanita”.

MAKNA DAN PEMGERTIAN TASHAWWUF

Dalam memberikan definisi kata shufi ini, para ahli memberikan penjelasan secara beragam dan beraneka macam pengertian.

Pendapat yang berbeda-beda dan beragam yang telah dikemukakan para ahli dan pakar tasawwuf itu dilatar belakangi dari asal pengkajian dan sudut pandangan yang beraneka saja, tetapi pada hakikatnya satu tujuan, Yaitu menjelaskan makna dan tujuan tashawwuf secara benar dan mudah difahami oleh pengikutnya.

Tinggalkan komentar