Visiuniversal— Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
Pengertian Kurikulum Merdeka
Kurikulum merdeka belajar ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dengan kurikulum ini maka pembelajaran akan lebih maksimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya.

Prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum. Ada berbagai prinsip pengembangan kurikulum sebagai kaidah yang menjiwai kurikulum tersebut, di antaranya:
1. Prinsip relevansi
Relevansi artinya sesuai antara komponen tujuan, isi/ pengalaman belajar, organisasi, dan evaluasi kurikulum dan juga sesuai dengan dengan kebutuhan masyarakat, baik dalam pemenuhan tenaga kerja maupun warga masyarakat yang diidealkan.
Relevansi dibedakan menjadi dua macam:
a) relevansi keluar. Maksudnya adalah tujuan, isi, dan proses belajar yang mencakup kebutuhan, dan perkembangan masyarakat;
b) relevansi ke dalam. yaitu terjalin relevansi di antara komponen-komponen kurikulum, tujuan, isi, proses pencapaian, dan evaluasi.
2. Prinsip Kontinuitas.
Prinsip Kontinuitas atau berkesinambungan menghendaki pengembangan kurikulum yang berkesinambungan secara vertikal dan horizontal. Berkesinambungan secara vertikal (brtahap/berjenjang) dalam artian antara jenjang pendidikan yang satu dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dikembangkan kurikulumnya secara berkesinambungan tanpa ada jarak diantara keduanya. Dari tujuan pembelajaran sampai ketujuan pendidikan nasional juga berkesinambungan secara horozontal berkelanjutan) dapat diartikan pengembangan kurikulum jenjang pendidikan dan tingkat/kelas yang sama tidak terputus-putus prinsip berkesinambungan merupakan pengembangan yang terpadu.
3. Prinsip Pleksibilitas,
Prinsip Pleksibilitas, bahwa kurikulum harus mampu disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat dan waktu yang harus dicapai. Jadi jelas fleksibilitas menurut adanya keluwesan dan kelenturan melakukan penyesuaian-penyesuaian komponen kurikulum dengan setiap situassi dan kondisi yang selalu berubah.
Demikian tentang prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum, semoga bermanfaat.