Perbedaan Ban Biasa Dengan Tubles BatuLandak.id

Banyak sekali pengguna sepeda motor yang belum paham betul penggunaan ban tubles. Beberapa diantaranya masih ada yang salah menafsirkan kalau ban tubles lebih baik dibanding ban biasa. Padahal, baik dan tidaknya sebuah ban juga tergantung penggunaan motor itu sendiri. tak selamanya ban tubles lebih baik, apalagi kalau penggunaannya ngawur malah berakibat merugikan.

Ada banyak hal yang direkomendasikan untuk menggunakan ban tubles. Tetapi, pada dasarnya ban tubles bukanlah ban yang tidak bisa bocor, melainkan ban tubles yang ketika bocor tidak langsung kempes ketika terkena ‘ranjau’nya. Kalau sudah kena, solusi yang paling baik ialah langsung saja dibawa ke tukang tambal ban khusus ban tubles untuk diperbaiki. Nah, berikut ini sedikit penjelasan mengenai perbedaan ban biasa dengan tubles.
Perbedaan Ban Biasa Dengan Tubles

5 Perbedaan Ban Biasa dengan Tubles

  1. Dengan kondisi jalan yang mulus, ban tubles cocoknya digunakan untuk jalan di perkotaan. Untuk jalan menikung atau bermanuver, ban tubles lebih stabil dan menggigir dalam kecepatan tinggi. Berbeda dengan ban biasa yang enak digunakan dalam kondisi jalanan macet dan padat yang bisa nyelip-nyelip.
  2. Perbedaan ban biasa dengan ban tubles adalah ban tubles yang terasa lebih keras dari pada ban biasa, hal ini karena struktur bahan karetnya yang lebih padat dan tebal. Kalau anda seringkali melewati jalan yang tidak rata bahkan rusak, lebih baik anda gunakan ban biasa saja. memaksakan penggunaan ban tubles pada jalan seperti itu malah bisa merusak pelek dan membuat ban lebih cepat rusak.
  3. Perbedaan ban biada dengan tubles selanjutnya yakni ban tubles yang Cuma bisa digunakan untuk pelek racing, sedangkan pelek jari-jarinya hanya dapat digunakan untuk ban biasa. Walaupun kini sudah ada teknologi yang dapat memasang pelek jari-jari ban tubles, hal itu bukan berarti pelek itu cocok melainkan dipaksakan.
  4. Perbedaan ban tubles dengan ban biasa lainnya adalah masalah harga. Kalau ban tubles tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik gunakan ban biasa. Sebab harga ban tubles lebih mahal jika dibandingkan harga ban biasa untuk tipe dan ukuran yang sama. Perbedaan harga rata-ratanya antara ban biasa dengan ban tubles ialah 30 hingga 50%.
  5. Perbedaan ban tubles dan ban biasa yang terakhir adalah dari segi motornya. Ban biasa lebih cocok digunakan untuk jenis motor semacam skutik dan motor bebek. Sebab bobot ban tubles bisa jauh mengurangi performa jika digunakan pada sepeda motor tadi. Beda dengan motor sport yang memiliki tenaga yang jauh lebih besar dan cocok dipasangkan ban tubles.

Nah, itulah beberapa perbedaan ban biasa dengan tubles. Semoga artikel ini bisa sedikit menambah pemahaman kita semua agar tidak salah menggunakan jenis ban untuk sepeda motor kesayangan.

Tinggalkan komentar