Mengingat faktor pertimbangannya yang
multi dimensi, maka pendekatan yang diambil dalam memilih dan menentukan
bengkel-bengkel favorit, dilakukan dengan cara menyusun ulang aneka kelebihan
dan kekurangan dari bermacam kriteria bengkel mobil yang ada, yaitu:
1. Bengkel Resmi/ Authorized (ex ATPM rekanan pabrikan otomotif).
oleh ATPM rekanan pabrikan otomotif bonafide. Kabarnya sih sebagai bukti komitmen dan
tanggung jawabnya kepada para konsumen, agar: kepuasan pelanggan
terpenuhi, loyalitas terhadap merk semakin melejit, brand image semakin kinclong, dll.
![]() |
Ilustrasi Salah Satu Bengkel Resmi di Indonesia. |
Kelebihan:
Memiliki
gedung yang terkesan megah, modern, nyaman dan bonafide. Umumnya gedung berfungsi all in one, yaitu sebagai: show room, penjualan unit mobil, penjualan spare part dan
aksesories serta bengkel perawatan dan perbaikan.
Ada garansi
penuh, bahwa semua spare part dan aksesories yang dijual adalah produk ASLI/ original.
Memiliki jaringan
luas, kapasitas besar dan fasilitas bengkel yang canggih dan lumayan komplit.
Beroperasi
dengan menerapkan sistem manajemen canggih, mulai dari pelayanan yang prima sampai
tersedianya montir-montir/ mekanik-mekanik terlatih dan bersertifikat khusus, resmi keluaran pemilik merk.
Semua
pekerjaan yang dilakukan sudah mengikuti sistem dan prosedur, yaitu melalui Standart Operation (SOP) yang baku.
Riwayat/ track
record perawatan dan perbaikan setiap mobil tercatat dengan baik dan on line di semua cabang.
Menyediakan
fasilitas perawatan berkala sesuai Buku Panduan bagi Pemilik Mobil.
Umumnya sudah bisa menerima pekerjaan dari klaim asuransi mobil.
Memberikan
garansi dalam jangka waktu tertentu untuk hasil pekerjaan yang telah diberikan.
Beberapa bengkel pengusung merk
sudah memberikan pelayanan mobile/ jemput bola, sehingga perbaikan bisa
dilakukan secara home service.
Beberapa bengkel pengusung merk
sudah memberikan pelayanan Kontrak Service untuk jangka waktu tertentu.
Kekurangan:
Ongkos
perbaikan (sudah termasuk spare part baru, bila ada penggantian) relatif ekstra mahal.
Hanya bisa melayani kendaraan dengan merk bersangkutan.
Kadang harus
rela antri berkepanjangan, karena bengkel sedang over capacity/ over load (lebih
baik kontak dulu untuk booking).
Keberadaannya masih terbatas di kota-kota tertentu.
perbaikan-perbaikan spesial (seperti: bodi & painting repair, engine
overhaul) hanya bisa dikerjakan di bengkel induk/ tertentu.
Kadang tidak tersedia stock, terutama untuk spare part slow moving (misal: ECU original) atau spare part fast moving ex mobil yang gagal/ kurang laku di pasaran (misal: kampas rem original).
Note:

Kondisi ini membuat kita harus rela menunggu sampai tersedianya barang. Waktu tunggu bisa berbulan-bulan dengan harga jatuh yang super mahal, karena harus di import dari negara pembuatnya. Atau membuat kita harus hunting sendiri di seantero pelosok kota, sampai ketemu.
Ketiadaan
barang-barang spesifik dengan merk tertentu, misal: oli mesin dari merk gacoan,
menyebabkan tidak adanya kebebasan dalam memilih/ tidak fleksibel.
Kemampuan home
service terbatas, hanya untuk perawatan dan perbaikan ringan.
Belum semuanya
bersedia melayani mobil satu merk ex
import/ buid up langsiran importir umum (non ATPM).
2. Bengkel umum.
![]() |
Suasana di Salah Satu Bengkel Umum. |
Disebut bengkel umum/ PALUGADA (apa Lu mau Gua ada),
karena siap mengatasi berbagai keluhan mobil dari berbagai merk. Macam keluhannya bisa mulai dari plat nopol bengkok
kesenggol becak sampai mesin jebol. Keberadaan bengkel umum ini cukup beragam. Dari segi ukuran
tempat: dari yang seukuran lapangan bola sampai yang seukuran pos ronda. Dari segi
lokasi: ada yang terkonsentrasi di sentra-sentra otomotif sampai yang ngejogrog memelas sendirian di pinggiran sawah. Dari segi peralatan bengkel: ada yang sudah bermodalkan peralatan canggih full computerized sampai yang: palu getok aje kagak punye, musti ngutang dulu! Haha…, dll.
Kelebihan:
Dibandingkan dengan bengkel resmi, maka ongkos untuk jasa
perbaikan yang sama, jatuhnya relatif lebih murah.
Bisa menangani
berbagai keluhan mobil dari bermacam merk.
Lokasi bengkel umumnya
mudah dijangkau dan relatif dekat dengan rumah/ kantor. So cari yang dekat-dekat rumah/ kantor saja.
Perbaikan umumnya akan
dikerjakan langsung begitu semua keluhan mobil selesai disemprotkan habis ke punggawa bengkel.
Lebih fleksibel, karena pada umumnya disana sudah tersedia
spare part pengganti dari berbagai merk dengan berbagai tingkatan kualitas. Dari yang asli/
original sampai produk KW (tiruan). Dengan demikian ongkosnya bisa diatur sesuai ketebalan kantong masing-masing.
Kemungkinan
untuk ber-improvisasi ala Mc. Giver terbuka lebar. Hasilnya lumayan bisa untuk menghemat ongkos, misal: part boot karet shockbreaker yang sobek tapi masih bagus, ternyata masih bisa digunakan lagi setelah sobekannya di lem Super Glue.
Proses
selama perbaikan umumnya boleh dilihat/ diawasi langsung.
Sebagian kecil sudah bisa menerima pekerjaan klaim asuransi mobil.
Pada kondisi tertentu, proses perbaikannya bisa dicicil/ bertahap, sehingga sewaktu-waktu bila terpaksa diperlukan, mobil
boleh dibawa pulang dulu atau dipakai beraktifitas.
Kekurangan:
Miskinnya informasi (akibat kurangnya promosi) tentang bengkel umum mana saja yang hasil pekerjaannya
baik dan memuaskan, menyebabkan terciptanya kondisi: “seperti membeli kucing dalam karung.”
Tidak ada
track record – track record an, apalagi on line – on line an, sehingga sangat jarang
yang bisa memberikan jasa perawatan mobil secara rutin dan berkala. Kecuali asli
dari inisiatif pemilik mobil itu sendiri.
Tingkat
keahlian mekanik terbatas dan kurang berkembang, karena hanya berdasarkan learning by doing, bukan dari hasil pelatihan yang terstruktur dan sistematis. Makanya tidak
usah gebrak-gebrak mejanya orang lain bila baru sadar, kalau kualitas
bengkel-bengkel umum itu tidak seragam (boro-boro standart, haha).
Hi- tech
competencies sebagian besar masih berlari di tempat, sehingga mereka sering bingung sendiri jika dihadapkan pada mobil modern masa kini yang full electronics dan full computerized (plus full mahal, haha).
Tingkat kepercayaan
konsumen terhadap originalitas barang/ spare part pengganti sangat rendah. Untuk itu perlu ketelitian dan kewaspadaan ekstra terhadap
beredarnya barang palsu (lain halnya bila part yang kita minta itu memang part KW, maka kita tidak
usah repot-repot lagi memasang kamera pengintai, alat penyadap maupun menanam ranjau darat/ roket anti rudal balistik segala,
haha).
Ketiadaan standar
pekerjaan (SOP) yang baku, membuat waktu dan mutu hasil pekerjaannya juga berdasarkan
kira-kira.
minimnya sistem mutu kerja, membuat seorang mekanik yang terampil dan ahli akan berperan
penuh terhadap reputasi bengkel dimana ia bekerja. Bila ia cabut, maka alamat bengkel bakalan sepi lalu klepek-klepek bangkrut, terutama bila tidak segera mendapatkan penggantinya yang selevel.
https://www.youtube.com/watch?v=WZX_Sw836KU
Bengkel Umum Kebanjiran Pasien Saat Musim Mudik Lebaran.
3. Bengkel spesialis.
![]() |
Salah Satu Bengkel Spesialis: AC Mobil. |
Semakin bejubelnya jumlah
kendaraan 4W di Indonesia diyakini akan makin meningkatkan jumlah keluhan yang bersifat spesifik. Demikian pula dengan bertambahnya jumlah mobil yang ingin bersolek bakal semakin memperbesar persoalan, haha.
Jumlah pasien
yang semakin membeludak meluber kemana-mana tentu saja akan membuat bengkel
umum semakin stress kelabakan. Untungnya keadaan ini sangat tertolong dengan menjamurnya bengkel-bengkel
spesialis yang memiliki keahlian khusus dibidangnya masing-masing. Bagi para
pemilik mobil, keberadaan bengkel-bengkel spesialis ini tentunya membuat perawatan dan perbaikan
mobil menjadi lebih mudah dan fokus. Misal: body mobil penyok dengan baret parah
akibat kesenggol odong-odong di pasar kaget, maka untuk perbaikannya pemilik mobil bisa
langsung ngacir ke bengkel body repair & painting shop langganan, begitu…
Note:
Macam-macam
bengkel specialis umumnya dipilah berdasarkan keahlian, seperti: tambal ban dan isi angin, ganti oli, kampas kopling
& rem, servis radiator, gulung dinamo & motor starter, central door lock & power window, power steering,
AC mobil, suspensi dan kaki mobil, velg dan ban, spooring & balancing,
knalpot, body repair & painting shop, salon mobil, jok mobil, sound car,
rebuild, body styling/ modification, off road, automatic transmission, engine swap,
engine performance/ tuner, ECU, dll.
Kelebihan:
Ongkos
relatif lebih ringan, karena keluhan mobil yang harus diperbaiki terbatas.
Pekerjaan
lebih fokus pada satu bidang masalah, sehingga lebih efisien dan hasilnya lebih
efektif.
Penguasaan teknik para mekanik akan semakin terasah tajam, seiring bertambahnya jam terbang.
Penyelesaian
perbaikan membutuhkan waktu relatif lebih singkat dengan demikian mobil dapat
dipakai segera untuk beraktifitas kembali.
Perbaikan umumnya akan
dikerjakan langsung begitu semua keluhan mobil selesai dimuntahkan habis ke punggawa bengkel.
Lebih fleksibel, karena pada umumnya disana sudah tersedia
spare part pengganti dari berbagai merk dengan berbagai tingkatan kualitas. Dari yang asli/
original sampai produk KW (tiruan). Dengan demikian ongkosnya bisa diatur sesuai ketebalan kantong masing-masing.
Memberikan
garansi dalam jangka waktu tertentu untuk hasil pekerjaan yang telah diberikan.
Kekurangan:
Miskinnya informasi (akibat kurangnya promosi), menyebabkan kita terjebak dalam kondisi: “seperti membeli kucing dalam karung.”
Untuk perbaikan keluhan
lain di luar spesialisasinya, maka kita harus segera ngacir ke bengkel spesialis lainnya. Demikian
seterusnya. Capek deh….
Spesialisasi
di bidang tertentu, misal: ECU, transmisi automatic, airbag SRS, masih jarang ditemui.
Belum adanya
sertifikasi spesialisasi dari lembaga resmi yang berkompeten, membuat tingkat
keahlian masing-masing bengkel spesialis sejenis,
tidak merata.
Karena belajar
secara otodidak, maka penguasaan teknologi baru para mekanik, membutuhkan waktu yang lebih lama
padahal perkembangan teknologi masa kini melaju semakin cepat.
Ketiadaan standar
pekerjaan (SOP) yang baku, membuat waktu dan mutu hasil pekerjaannya juga berdasarkan
kira-kira.
Ketiadaan/
minimnya sistem mutu kerja, membuat seorang mekanik yang terampil dan
ahli akan berperan
penuh terhadap reputasi bengkel dimana ia bekerja. Bila ia cabut, maka
alamat bengkel bakalan sepi lalu klepek-klepek bangkrut, terutama bila
tidak segera mendapatkan pengganti yang selevel.
4. Bengkel Dadakan/ Liar.
![]() |
Ilustrasi Bengkel Dadakan. |
Bengkel ini bersifat dadakan
untuk memenuhi kebutuhan adanya perbaikan secara instant dan diselesaikan di
tempat, misal: bengkel cat & duco liar yang banyak bertebaran di pinggiran jalan
tertentu/ di pinggir rel KA/ di bantaran sungai.
Kelebihan:
Bekerja secara cepat, dalam hitungan jam. Kadang dikerjakan secara keroyokan.
Hasil pekerjaan bersifat instan, dengan mutu seadanya.
Ongkos bisa di negosiasi dan relatif sangat murah
meriah.
Kekurangan:
Beroperasi di sembarang tempat,
misal: di pinggiran jalan.
“Mekanik” bekerja tanpa dibekali pengetahuan dan keahlian yang cukup.
Diduga rawan percaloan, pencurian dan
penipuan, sehingga harus selalu waspada dan jangan meninggalkan barang-barang berharga (coin gopekan saja, bablas… haha) di dalam mobil.
Pekerjaan cenderung kasar, sembrono dan
asal jadi.
Pekerjaan bersifat hit and run, sehingga harus
diawasi secara ketat .
maka sulit untuk mengajukan klaim (bila ada).
Note:

Seorang kenalan pernah mengganti busi baru yang ditangani bengkel beginian, yang hasilnya? Besoknya, saat mobil baru di starter tiba-tiba terdengar bunyi ledakan keras di dalam ruang mesin. Seketika itu juga kap mesinnya penyok berat tertabrak busi yang melesat dari dudukannya. Setelah di cek oleh mekanik lain, ternyata busi-busi dalam keadaan dipasang secara paksa, sehingga ulir tempat busi yang ada di cylinder head mesin (dari aluminium cor) semuanya pada dol/ rusak. Alhasil cylinder head-nya harus diganti baru.
5. Bengkel lain-lain.
![]() |
Salah Satu Bengkel Ketok Magic. |
Salah satunya yang cukup fenomenal adalah: Bengkel ketok magic. Mulai bermunculan sekitar tahun 1990-an dan segera menyebar merata hampir di seluruh
kota-kota di Indonesia. Sebagai perintis dan menjadi paling tersohor adalah PUTRA BLITAR, yang menandakan daerah asal para crew bengkel bersangkutan.
Kelebihan:
Mudah dijumpai
hampir di semua pelosok-pelosok kota, terutama di pulau Jawa.
Merupakan bengkel spesialis masalah bodi mobil (penyok, bonyok, tertekuk, dll,).

Bekerja dalam
waktu singkat dengan hasil pekerjaan sangat istimewa dan mengagumkan (misal: dari kondisi bodi mobil
yang penyok ringan dengan cat relatif utuh, maka cilukba… dapat mulus kembali seperti semula tanpa bekas, hanya
dalam waktu kira-kira 1 jam!).
Note:
Body penyok ringan sebenarnya dapat diperbaiki di bengkel resmi atau bengkel spesialis body & painting shop, tetapi dari pengalaman, membutuhkan waktu pengerjaan paling cepat 1 minggu. Kalau begini ceritanya, mana tahan…! Bisa-bisa gebetan keburu di embat setan! Haha…
Ongkos bisa di negosiasi dan relatif
murah meriah.
Waktu tunggu relatif singkat.
Kekurangan:
Lokasi berada
di pinggiran-pinggiran kota dengan tempat yang sederhana dan seadanya.
Umumnya hanya mengerjakan body penyok dengan cat yang masih relatif utuh.
Pelanggan harus
menunggu di luar, karena pekerjaan di lakukan secara tertutup dari pandangan orang luar. Full misterius!
Note:
Alasan mengapa mereka harus bekerja secara tertutup? Katanya sih itu karena menyangkut “rahasia dapur perusahaan” (berupa teknologi ketok titir/ beruntun dengan perkakas-perkakas berdesain khusus), yang harus dijaga rapat-rapat agar tidak dibajak oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.
Tidak ada garansi-garansi an
Banyak beredar gosip yang berbau mistis tentang bengkel ini, sehingga ada sebagian orang yang alergi untuk mencoba bengkel sakti mandraguna asli kearifan lokal Indonesia ini.
1. Bila Anda adalah: tipe orang sibuk, hampir tidak memiliki waktu luang sedetikpun, tidak mau terlalu repot dengan urusan perawatan/ perbaikan mobil yang bermasalah serta welcome-welcome saja dengan tagihan ongkos yang ekstra mahal, maka bengkel resmi dengan segala kemudahan, manajemen canggih dan fasilitas all in yang mumpuni adalah pilihan terbaik. Adanya fasilitas home service sebisa mungkin dimanfaatkan secara maksimal.
2. Bila Anda adalah: tipe orang sibuk (atau sok sibuk, haha), tapi masih memiliki sedikit waktu
luang dan mau direpotkan dengan urusan perawatan/ perbaikan mobil
yang bermasalah serta masih konsen dengan efisiensi biaya, maka memilih bengkel secara kombinasi merupakan pilihan terbaik.
Note:
Yang dimaksud dengan memilih bengkel secara kombinasi, yaitu:
Untuk perawatan/ perbaikan yang bersifat relatif kritis terkait keselamatan, keamanan dan kenyamanan berkendara, seperti: body system (misal: cat belang dan kusam, body penyok dan catnya terkelupas, central door lock mati, power window macet), interior system (misal: sliding & reclining jok macet, ganti pelapis jok rusak), electric & engine system (misal: motor starter jebol dan dynamo ampere ngadat, radiator mampet/ bocor), steering system (misal: hydrolic power steering bocor), sistem
transmisi (misal: transmisi AT selip), sistem kaki
mobil (misal: ban bocor, roda bergetar, roda tidak center), sistem pendingin kabin (misal: AC panas), maka
Anda bisa memasrahkannya ke bengkel spesialis yang ongkosnya relatif lebih murah dan pekerjaannya lebih fokus.
Untuk perawatan/ perbaikan yang bersifat kurang kritis terkait keselamatan, keamanan dan kenyamanan berkendara, seperti: engine system (misal:
ganti oli mesin, ganti oil filter), sistem
transmisi (misal: kuras dan ganti oli transmisi manual), sistem kaki
mobil (misal: ganti shock breaker yang sudah bocor/ soak), maka
Anda bisa memasrahkannya ke bengkel umum yang ongkosnya relatif lebih murah, tapi dengan tetap mewaspadai originalitas part/ barang, agar tidak terjebak membeli part/ barang palsu.
Untuk perawatan/ perbaikan yang bersifat emergency alias kepepet habis (misal: mobil mau dijual segera, karena butuh uang cepat untuk tambahan biaya menikah atau besok mau dipakai pulang mudik/ kondangan, dll.), pada umumnya berkaitan dengan system body (misal: mobil penyok tapi catnya relatif utuh, bemper penyok dengan baret parah), maka
Anda bisa langsung ngacir ke bengkel ketok magic (masih recommended asal tidak alergi) atau ke bengkel dadakan (not recommended dan sebaiknya dihindari saja) yang ongkosnya relatif jauh lebih murah, serta waktu pengerjaan yang singkat.
Agar cara kombinasi ini efektif dan tidak mengecewakan nantinya, maka data base Anda perlu diperbanyak dengan informasi tentang bengkel-bengkel recommended dari sumber mana saja serta rajin hunting ke berbagai macam bengkel sampai berhasil menemukan bengkel-bengkel yang sakti mandraguna tanpa terkesan klenik. Haha.
So, Don’t Worry Be HAPPY!