TUMBUH KEMBANG BALITA BatuLandak.id


 

A.    PENGERTIAN TUMBUH KEMBANG

  1. Pertumbuhan
    berkaitan dengan masalah perubahn dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi
    tingkat sel, organ, maupun individu, yang bisa dikur dengan ukuran berat
    (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm, meter), umur tulang dan
    keseimbangan metabolik.
  2. Perkembangan
    adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih
    kompleks dalam pola yang teratur dana dapat diramalkan, sebagai hasil dari
    proses pematangan.
  3. Pertumbuhan
    mempunyai dampak terhadap aspek fisik, sedangkan perkembangan berkaitan
    dengan pematangan fungsi organ / individu. Kedua proses ini berlangsung
    secara sinkron.

B.     FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANG

  1. FAKTOR
    GENETIK/KETURUNAN

v  Faktor Bawaan baik yang normal ataupun yang abnormal.

v  Jenis Kelalmin

v  Suku Bangsa

v  Bangsa

  1. FAKTOR LINGKUNGAN

v  Faktor lingkungan yang mempengaruhi anak sebelum lahir

·       
Gizi ibu pada waktu hamil

·       
Mekanis

·       
Toksin/zat kimia

·       
Endokrin

·       
Radiasi

·       
Infeksi

·       
Stress

v  Faktor lingkungan yang mempengaruhi anak sesudah lahir

·       
Lingkungan Biologis

·       
Faktor Fisik

·       
Faktor Psikososial

·       
Faktor Keluarga dan adat
istiadat

C.    KEBUTUHAN DASAR ANAK

1. Kebutuhan fisik (ASUH)

2. Kebutuhan emosi/kasih sayang (ASIH)

3. Kebutuhan akan stimulasi mental (ASAH)

D.    CIRI-CIRI TUMBUH KEMBANG

1.Tumbuh kembang adalah proses yang terus menerus.

2.Ada masa terjadi percepatan atau perlambatan serta laju tumbuh kembang
yang berlainan.

3.Pola perkembangan anak sama pada semua anak  tetapi kecepatannya berbeda antara satu anak
dengan anak yang lain.

4.Perkembangan berhubungan dengan pematangan sistem syaraf.

5.Arah perkembangan anak adalah dari kepala ke kaki.

      Periode yang paling
penting bagi tumbuh kembang anak adalah masa Balita.

Sangat penting sebagi dasar untuk perkembangan selanjutnya, yakni
masa prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja.

     

Untuk itu dibutuhkan :

1.Kesehatan
dan gizi yang baik yang didapatkan dari masa kehamilan, bayi dan anak
prasekolah.

2.Stimulasi/rangsangan
yang cukup dalam kualitas dan kuatitas.

3.Keluarga dan
program KB mempunyai peran yang penting dalam pembinaan fisik, mental sosial
anak Balita.

E.     PERKEMBANGAN MENTAL ANAK
BALITA

Dari lahir sampai 3 bulan

·        
Belajar mengangkat kepala

·        
Melihat kemuka orang dengan
tersenyum.

·        
Bereaksi terhadap suara/bunyi.

·        
Mengenal ibunya dengan
penglihatan, penciuman, pendengaran dan kontak.

·        
Mengoceh.

Dari 3 bulan sampai 6 bulan

·        
Mengangkat kepala .

·        
Mulai belajr meraih benda-benda
yang ada disekitarnya.

·        
Menaruh benda-benda dimulutnya.

·        
Tertawa dan menjerit karena
gembira bila diajak bermain.

Dari 6 sampai 9 bulan

·        
Dapat duduk tanpa dibantu.

·        
Dapat tengkurep dan berbalik
sendiri.

·        
Dapat merangkak meraih benda
atau mendekati orang.

·        
Bergembira dengan melempar
benda-benda,

·        
Mengeluarkan suara yang tanpa
arti.

·        
Mengenal muka anggota keluarga
dan takut dengan orang asing.

Dari 9 sampai 12 bulan

·        
Dapat berdiri sendiri tanpa
dibantu.

·        
Dapat berjalan dengan dituntun.

·        
 Menirukan suara.

·        
Mengulang bunyi yang
didengarrnya.

·        
Belajar satu atau dua kata.

·        
Berpartisipasi dalam permainan.

Dari 12 sampai 18 bulan

·        
Berjalan.

·        
Menyusun 2 atau 3 kotak.

·        
Dapat mengatakan 5 – 10 kata.

·        
Memperlihatkan rasa cemburu dan
rasa bersaing.

Dari 18 sampai 24 bulan

·        
Naik turun tanggga.

·        
Menyusun 6 kotak.

·        
Menunjuk mata dan hidungnya.

·        
Meyusun dua kata.

·        
Belajar makan sendiri.

·        
Mengambar garis di kertas atau
pasir.

Dari 2 sampai 3 tahun

·        
Belajar meloncat, memanjat,
melompat dengan satu kaki.

·        
Membuat jembatan dengan 6
kotak.

·        
Mampu menyusun kalimat.

·        
Mempergunakan kata-kata saya,
bertanya, mengerti kata-kata yang ditujukan kepadanya.

·        
Menggambar lingkaran.

·        
Bermain dengan anak lain dan
menyadari adanya lingkungan lain diluar keluargannya.

Dari 3 sampai 4 tahun

·        
Berjalan-jalan sendiri
mengunjungi tetangga.

·        
Berjalan pada jari kaki.

·        
Belajar berpakaian dan membuka
pakaian sendiri.

·        
Mengambar garis silang.

·        
Menggambar orang hanya kepala
dan badan.

·        
Mengenal 2 atau 3 warna.

·        
Bicara dengan baik.

·        
Menyebut nama, jenis kelamin
dan umurnya.

·        
Banyak bertanya.

·        
Bermain dengan anak lain.

·        
Mendengarkan cerita-cerita.

·        
Menunjukkan kasih sayang dengan
saudara-saudaranya.

·        
Dapat melakukan tugas-tugas
sederhana.

·        
Mengenal sisi atas, sisi bawah,
sisi belakang.

Dari 4 sampai 5 tahun

·        
Melompat dan menari.

·        
Menggambar orang terdiri dari
kepala, lengan, badan.

·        
Menggambar segi tiga dan segi
empat.

·        
Pandai bicara.

·        
Dapat menghitung jari-jarinya.

·        
Dapat menyebut hari-hari dalam
seminggu.

·        
Mendengar dan  mengulang hal-hal penting dan cerita.

·        
Minat terhadap kata baru dan
artinya.

·        
Mengenal 4 warna.

·        
Memperkirakan bentuk ddan
besarnya benda, membedakan besar dan kecil.

·        
Menaruh minat terhadap
aktivitas orang tua.

Tinggalkan komentar